Iklan

google.com, pub-9195817467890296, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kamis, 11 Desember 2014

Mencetak Kartu NISN Versi DapoHelper

CETAK KARTU NISN DENGAN

MENGGUNAKAN DAPOHELPER



Kartu NISN merupakan Nomor Induk Siswa Nasional yang berlaku selama anak menjadi siswa di sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dan berlaku nasional. NISN adalah kode pengenal siswa yang bersifat unik dan membedakan satu siswa dengan siswa lainnya. Jadi untuk saat ini melalui mekanisme vervalpd berlaku satu nisn untuk satu siswa.
Siapa yang menerbitkan Kartu NISN ? Kartu NISN bisa diterbitkan oleh Dinas Pendidikan setempat dan bisa juga di terbitkan oleh sekolah tempat siswa tersebut belajar. 
Banyak program dan aplikasi cetak Kartu NISN yang beredar di internet. Dan saat ini DapoHelper membuat terobosan baru CETAK KARTU NISN dari data yang kita miliki di Aplikasi Dapo yang dapat di akses dengan aplikasi Dapodik Helper. Sehingga kebutuhan akan Kartu NISN siswa dapat dilakukan kapanpun oleh pihak sekolah melalui jasa OPS di sekolah masing-masing. 
Kelebihan NISN yang dicetak melalui Aplikasi DapoHelper ini adalah memiliki QR CODE (Quick Response Code) yang bisa di scan menggunakan aplikasi pemindai yang dapat di sematkan di smartphone.

Bagaimana cara menggunakan DapoHelper untuk mencetak Kartu NISN ?

Buka Aplikasi DapoHelper dan masuk pada Tab PESERTA DIDIK.



Pilih salah satu nama peserta didik yang akan di cetak NISN-nya dan klik kanan, maka akan muncul pilihan. Pilih Kartu NISN.




Tentukan tujuan penyimpanan File Kartu NISN yang nantinya berupa file gambar dengan format PNG. Jika sudah selesai menentukan tujuan tempat penyimpanan klik “SELECT”. Lihat Contoh Abah Simpan Di Folder Video Contohnya Seperti Gambar Di Bawah Ini . . .




Jika sudah selesai maka akan muncul notifikasi seperti di bawah ini.


Tutup/close aplikasi DapoHelper. Jika tidak mau tertutup silakan ditutup melalui Crtl+Alt+Del dan pilih Task Manager. Sorot pada aplikasi Dapodik Helper dan tekan tombol End Task. Buka folder tujuan penyimpanan cetak kartu NISN tadi. Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini dan kartu NISN siap di cetak.


Bagi teman-teman yang membutuhkan aplikasi DapoHelper untuk mencetak Kartu NISN ini bisa di download dari SINI . . . Demikian tutorial singkat penggunaan DapoHelper untuk mencetak Kartu NISN.
Semoga Bermanfaat . . .

Salam BAKBUDIK . . . Abah Raja

Tidak ada komentar: