Iklan

google.com, pub-9195817467890296, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kamis, 21 April 2016

Software Al-Quran Digital


بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

Assalamualaikum Warah Matullah Wabarakatuh . . .

Software Al-Quran Digital yang sangat bagus. Sangat membantu bagi mereka yang sering berada di depan PC/Laptop, dapat digunakan untuk membaca secara langsung maupun belajar tajwid . . .





Dari sini dapat diambil gambaran betapa kuatnya efek dan dampak dari pengucapan kata bismillah dalam menjalankan setiap pekerjaan. Dengan mengucapkan kata Bismillah maka Allah akan senantiasa dalam naungan pekerjaan seseorang. Selain Allah akan membantu dan menolong, Allah juga akan mempermudah dalam menyelesaikan perkara-perkara dalam pekerjaan tersebut.
Dengan melibatkan Allah SWT dalam setiap tindakan, maka segala tindakan akan selalu berorientasi kepada Allah SWT. Sehingga setiap apa yang dikerjakan dapat bernilai ibadah.
Setiap Muslim diwajibkan untuk menuntut ilmu sepanjang hidup. Dan sebaik-baik ilmu adalah ilmu (Agama).



Seiring berkembangnya zaman, banyak sekali barang-barang yang diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia, misalkan saja barang.Hp dan Laptop pun sekarang sudah sangat berkembang.



Jika dulu hp hanya bisa digunakan untuk menelpon dan SMS-an saja, sekarang hp sudah bisa untuk digunakan untuk apa saja seperti mengambil gambar, merekam video, browsing di internet bahkan sekarang sudah bisa digunakan untuk membaca Al-Qur’an juga.

Jika dulunya kita membaca Al-Qur’an langsung dari kitabnya. Berarti kita harus mengamalkan adab-adab dalam membaca Al-Qur’an, seperti berwudhu sebelum memegang mushaf dan menghadap kiblat dan lain sebagainya.


Melalui fitur-fitur modern yang bermunculan di hp ataupun Laptop, akhirnya terdapat sebuah gagasan untuk membuat aplikasi Al Qur’an untuk hp Atau Laptop. Yang menjadi pertanyaan besarnya, apakah kita harus berwudhu dan mengamalkan adab-adab dalam membaca Al Qur’an ketika membacanya menggunakan hp atau Laptop ? . . .


Berikut penjelasannya:
Jika seseorang sudah memiliki hafalan Al Qur’an, maka tidak menjadi masalah untuk membaca Al Qur’an tanpa harus menyentuh mushaf Al Qur’an. Seperti yang diriwayatkan oleh Ali R.A:
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْتِي الْخَلَاءَ فَيَقْضِي الْحَاجَةَ ثُمَّ يَخْرُجُ فَيَأْكُلُ مَعَنَا الْخُبْزَ 
وَاللَّحْمَ وَيَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَلَا يَحْجُبُهُ وَرُبَّمَا قَالَ لَا يَحْجُزُهُ عَنْ الْقُرْآنِ شَيْءٌ إِلَّا الْجَنَابَةُ
Hal itu didasari dengan ayat Al-Qur’an surat Al-Waqi’ah ayat 77-81, yang dikutip artinya:
“Sesungguhnya Al-Qur’an ini adalah bacaan yang mulia, pada kitab yang terpelihara (lauhul Mahfuzh), tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan, diturunkan dari Tuhan semesta alam, maka apakah kamu menganggap remeh saja Al-Qur’an ini ?”
Intinya adalah, untuk menghormati mushaf Al-Qur’an ketika kita membacanya adalah dengan berwudhu terlebih dahulu. Itu merupakan tanda penghormatan dan sekaligus menjalankan perintah Al-Qur’an yaitu bersuci terlebih dahulu.
Kemudian yang menjadi perdebatan adalah bagaimana hukumnya jika membaca Al-Qur’an tetapi tidak menggunakan mushaf melainkan menggunakan tablet, hp atau gadget? Haruskah berwudhu terlebih dahulu?
Perlu diketahui terlebih dahulu, Hp merupakan peralatan yang tidak sama seperti mushaf dan hukumnya tidak bisa disamakan dengan mushaf. Karena huruf-huruf dalam Al-Qur’an yang terdapat pada peralatan ini (tablet dan hp) tidak sama keberadaannya dengan huruf yang ada di mushaf.

Huruf Al-Qur’an dalam Hp tidaklah kekal, hanya akan muncul ketika akan dibuka saja aplikasinya. Ketika kita menggunakannya untuk keperluan lain maka tulisan tersebut akan hilang dengan sendirinya.
Maka dengan demikian, diambil keputusan bahwa diperbolehkan untuk menyentuh Hp atau peralatan lainnya yang terdapat rekaman atau aplikasi Al-Qur’annya dan membacanya tanpa harus berwudhu terlebih dahulu.
Hal ini sangatlah memudahkan para wanita yang sedang haid untuk tetap membaca Al-Qur’an dengan menggunakan Hp. Perempuan yang haid dilarang menyentuh Al-Qur’an karena mereka sedang dalam keadaan yang tidak suci, bahkan para wanita yang sedang haid dilarang untuk sholat. Hal ini juga memudahkan untuk orang-orang yang kesulitan untuk bersuci sebelum membaca Al-Qur’an yang harus menyentuh mushaf.
Aplikasi Qur'an dilengkapi Hukum Tajwid. 
Sangat cocok bagi yang ingin belajar atau mengajarkan Al-Qur'an di Sekolah dengan basis digital. 


Silakan Bapak / Ibu Download Aplikasinya


Disini

Semoga bermanfaat . . .

Tidak ada komentar: