TANYA JAWAB SEPUTAR DAPODIK 2019.c
Salam Pendidikan,
Tanya jawab seputar dapodik 2019. c ini berawal dari seringnya pertanyaan yang muncul pada forum diskusi, group facebook, Group whatsapp yang meninspirasi saya dalam membuat artikel saya ini. Untuk memudahkan pengunjung blog ini yang mencari informasi berkaitan dengan permasalahan dan solusi yang dihadapi. Langsung saja berikut ini adalah tanya jawab seputar dapodik 2019.c.
1. Gagal download prefill dapodik?
Jawaban : Anda gunakan permaban(Browser terbaru), hindari jam-jam sibuk, pastikan koneksi internet anda stabil.
2. Bisakah dapodik 2019. diinstalkan pada windows 7 . . . ?
Jawaban : Bisa namun anda perlu update pada windows dengan menggunakan Service Pack 1 sesuai dengan bit anda.
3. Data PTK apa saja yang dikunci ?
Data identitas meliputi: Nama, Tempat lahir, Tanggal lahir, Jenis Kelamin, Nama ibu kandung, NUPTK NIK, Jenis PTK.
4. Data prefill tidak ditemukan:
Ukuran prefill terlalu kecil biasanya hanya 1kb saja, lakukan download ulang prefill anda kemudian anda copykan pada drive c pada folder Prefill_dapodik.
5. Apa yang perlu dilakukan jika pada saat sinkronisasi muncul pemberitahuan masih anda terdekteksi menggunakan Prefill lama?
Jawaban: Lakukan Generate ulang prefill anda.
6. Setelah saya melakukan generate ulang prefill, Apakah data-data yang sudah saya input akan hilang?
Jawab: Tidak, karena data tersebut masih tersimpan pada local host dapodik anda. Kecuali jika anda melakukan instal ulang aplikasi dapodiknya maka data yang sudah anda input akan hilang.
7.Bagaimana cara Melakukan generate ulang aplikasi dapodik yang terdekteksi menggunakan prefill lama?
Jawaban : Silahkan anda logout dari aplikasi dapodik, download prefill dapodik yang baru, kemudian registrasi lagi. selanjutnya anda bersihkan riwayat browser anda. login seperti biasa.
8. Mengapa saya mengisi titik koordinat pada peserta didik tidak mau tersimpan?
Jawaban: pastikan semua kolom yang wajib diisi terisi, misalnya anak ke, NIK, data wali jika tidak ada wali biasa terisi pendidikan dan pekerjaan silahkan dihapus. perilksa lagi kalau ada karater yang terisi silahkan dihapus.
9. Bagaiman cara mengubah jenis PTK?
Jawaban : silahkan anda hubungi admin Kabupaten/kota/ propinsi anda untuk mengubahnya. Dengan membawa bukti fisik berupa SK yang menyatakan perubahan jenis PTK, Baik Kepala sekolah, Guru Kelas dll.
10. Perlukan jadwal pelajaran diisi?
Jawaban: Perlu sebagai penjabaran dari Pembelajaran yang sudah anda buat. Misalnya jika dalam pembelajaran anda pilih PTK atas nama Desi sebagai guru kelas dengan jumlah jam mengajar 24 jam pelajaran per minggu maka anda harus mendistribusikan 24 jam pelajaran sesuai dengan pembelajaran disekolah anda 5 hari kerja atau 6 hari kerja.
11. Bagaimana cara mengisi keaktifan PTK setiap bulannya:
jawaban: Silahkan anda klik GTK, kemudian pilih guru/tendik klik penugasan silahkan anda ceklis bulan keaktifan yang anda inginkan kemudian klik simpan dan tutup.
12. Bagaiman kalau saya mengunakan windows bajakan untuk menguodate windowsnya agar suport dengan dapodik 2019c.?
Silahkan unduh Updater windows pada halaman resminya, jangan gunakan auto update windows.
13. Apa sih tujuannya identitas PTK di kunci?
Jawaban: untuk menghindari pergerakan data identitas tersebut diubah sesuai keinginan sendiri.
14. Bagaiman cara membuat rombel?
Jawaban: silahkan anda klik rombel pilih tab rombel, klik menu aksi, klik lanjutan semester, pilih kelas yang akan dilanjutkan semesternya kemudian, pilih reguler. klik simpan.
15. Bolehkah melakuka sinkronisasi tetapi belum selesai semua?
Jawaban:Boleh sepanjang tidak ada data yang invalid, hal ini juga bermanfaat untuk menjaga kemungkinan apabila ada permasalahan pada laptop/PC data yang sudah anda input tersimpan pada server, anda tinggal unduh saja prefill barunya. Kedua bertujuan untuk mengurangi beban waktu/data pada saat pengiriman data ke server, karena biasanya untuk sinkronisasi pertama file akan besar dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.
16. Mengapa Siswa pindahan hanya bisa dimasukkan pada rombel tingkal awal ( Kelas 1, kelas 7, kelas 10) dan bagimana solusinya?
Jawaban: Ada kesalahan pada saat penarikan mutasi masuk pada siswa tersebut, biasanya tidak anda pilih rombel tujuan. Solusinya adalah silahkan anda mutasikan siswa tersebut, kemudian anda sinkronkan dapodik anda. dilanjutkan dengan penarikan lagi jangan lupa tentukan rombel tujuannya ya. sinkronkan lagi dapodik anda maka siswa tersebut dapat dimaping sesuai dengan rombel tujuan yang telah anda pilih.
Demikianlah artikel saya berkaitan dengan tanya jawab Dapodik 2019.c semoga membawa manfaat bagi kita semua. Budayakan membaca, karena akan menambah wawasan anda. Berikan komentar yang bersifat membangun. Sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.
Salam Bakbudik . . .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar