Iklan

google.com, pub-9195817467890296, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Minggu, 28 September 2014

Tugas Pelaporan Online OPS

Urutan Tugas Pelaporan Online Operator Sekolah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa tugas Operator Sekolah adalah tugas yang penuh dengan tanggungjawab, kenapa ? karena data yang di entri oleh seorang Operator Sekolah harus benar-benar data yang sudah teruji kebenarannya, seperti identitas PTK, identitas PD, keaktifan, BOS, dan masih banyak lagi tentunya. Validasi data sangat dibutuhkan oleh pusat untuk mengetahui secara langsung (real time) kondisi sekolah-sekolah di daerah berikut perangkat administrasinya.

Sebenarnya apa saja yang harus dikerjakan oleh seorang Operator Sekolah dalam mengerjakan tugasnya melakukan pelaporan online. 


Berikut sudah admin urutkan pekerjaan seorang Operator Sekolah berdasarkan pengalaman admin sendiri di SDN Kertajaya III, apabila ada perbedaan dengan para Ops yang lain, mungkin masalah kebiasaan.

1. Entri Dapodikdas ; biasanya Operator Sekolah akan meng-entri siswa baru kelas satu dan siswa baru pindahan dari sekolah lain, edit rombel, kenaikan kelas, data guru sesuai kondisi terakhir, dan penambahan sarana dan prasarana sekolah. Validasi dan kemudian sinkronisasi.

2. Entri Padamu Negeri ; Edit keaktifan PTK, penambahan PTK baru apabila ada, pengajuan NUPTK, print out kartu PTK terbaru.

3. Entri Data Siswa ; Entri nilai raport siswa, beserta KKM nya.

4. Mengolah data siswa di situshttp://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/sys/login, data siswa tersebut berasal dari hasil sinkronisasi Dapodikdas dan data siswa di PDSP.

5. Pengisian data BOS sekolah sesuai triwulan berjalan.

6. Yang terakhir adalah pengisian kolom STATUS di situs https://www.facebook.com/raju.sniper ,,, biar terus eksis ! hehehe...(kebiasaan admin).

Demikian urutan tugas seorang Operator Sekolah ketika sedang mengerjakan pelaporan online. Kurang dan lebihnya akan admin perbaiki di postingan selanjutnya

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: