Iklan

google.com, pub-9195817467890296, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kamis, 05 Februari 2015

PENGATURAN DATA SISWA

PENGATURAN DATA SISWA PADAMU NEGERI

Data seluruh siswa yang diinput di PADAMU NEGERI adalah komponen penting bagi entitas “rombel” karena seluruh siswa tersebut akan disebarkan ke masing-masing rombel mulai dari tingkat 1 hingga tingkat 6 (MENJADI DASAR PERHITUNGAN RASIO SISWA-GURU). Data siswa yang diinput tersebut harus berdasarkan data ril dan aktual di sekolah serta dipastikan memiliki tingkat kebenaran yang sama dengan data siswa pada DAPODIK, yaitu sama dalam JUMLAH SELURUH SISWA, NAMA SISWA, NISN , TTL, dan ALAMAT.
Untuk mengetahui validitas data tersebut, operator mengaksesnya melalui: Login PTK (Operator) > Sekolah > Siswa & Alumni.

1.    Cek JUMLAH SELURUH SISWA

Pastikan jumlah seluruh siswa yang terdata di PADAMU NEGERI adalah sama persis dengan data ril di sekolah atau sesuai dengan data siswa yang dientri di DAPODIK. Untuk mengecek jumlah siswa secara keseluruhan dapat dilakukan dengan cara mengakses: klik Lihat Semua Fitur pada tab Siswa & Alumni> klik Daftar Siswa> akan muncul jumlah seluruh siswa seperti yang tampak pada gambar yang diberi lingkar merah di bawah ini

 

CATATAN:
Jika jumlah siswa tidak sama dengan keadaan ril, kemungkinan dikarenakan terdapat siswa yang baru mutasi masuk/mutasi keluar, putus sekolah, meninggal, dll.

-     Jika terdapat siswa mutasi masuk, lakukan langkah: Mutasi > Terima Siswa > (isi SIAP ID dan Token Bukti Mutasi(berlaku bagi siswa yang memiliki bukti mutasi dari PADAMU NEGERI sekolah asal) atau Tambahkan Data Siswa (berlaku bagi siswa yang tidak memiliki bukti mutasi dari PADAMU NEGERI.

Perhatikan gambar

 

-  Jika terdapat siswa mutasi keluar, lakukan langkah: Mutasi > Pindahkan Siswa > klik nama siswa bersangkutan > Simpan.
-    Jika terdapat siswa putus sekolah atau meninggal, lakukan langkah: Blokir Siswa > klik nama siswa > Pilih Alasan Non Aktif > Simpan.

2.    CEK NAMA SISWA, NISN , TTL, dan ALAMAT
  Jika Jumlah siswa sudah sesuai, selanjutnya adalah melakukan pengecekan satu per satu kebenaran NAMA SISWA, NISN , TTL, dan ALAMAT.
-    Jika terdapat kesalahan pada NAMA SISWA, NISN , TTL, dan ALAMAT, lakukakan langkah: Info Siswa > Daftar Siswa > klik panah segitiga kecil di ujung kanan nama siswa yang diedit > edit biodata siswa > (entri) > Simpan.


  Namun kalau saja diberi pertimbangan secara irit ekonomis, alangkah lebih baik pengecekannya dilakukan secara offline melalui unduhan excel, dengan langkah: Info Siswa > Daftar Siswa > Unduh Data Siswa.


File excel yang sudah diunduh selanjutnya dibanding dan dicocokkan dengan excel unduhan dapodik.
Jika terdapat sedikit perbedaan data, lakukan pengeditan langsung satu per satu di PADAMU NEGERI.
Namun jika terdapat banyak perbedaan data mungkin lebih baik edit di excel unduhan lalu diupload lagi data excel tersebut ke PADAMU NEGERI.

Selamat Belajar . . .

Tidak ada komentar: