Iklan

google.com, pub-9195817467890296, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Sabtu, 24 Mei 2014

BUKA HATI : BAHAYA MAKANAN HARAM BAGI KESEHATAN

BUKA HATI : BAHAYA MAKANAN HARAM BAGI KESEHATAN


Belakangan ini masyarakat makin waspada terhadap makanan haram, karena dalam era belakangan ini dimana perdagangan antar negara China dan ASEAN sudah bebas dari bea masuk dan salah satu yang dibebaskan adalah bahan makanan, maka kewaspadaan ini memang patut ditingkatkan .
Apa sajakah yang dimasukkan dalam makanan haram ?. Kita perhatikan penjelasan Allah dalam Alqur’an Surah Al-Baqoroh, 2:173
Artinya :”Sesungguhnya Allah mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang disembelih dengan disebut nama selain Allah . Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa sedang dia tidak menginginkannya dan tidak melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.
Dalam ayat ini ada 4 yang dilarang:
1. bangkai
2. darah mengalir
3. daging babi
4. daging binatang yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah
Dalam Alqur’an Surah Al-Maidah, 5:3 , sama dengan Albaqoroh ayat 173, ditambah binatang yang mati tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali kita sempat menyembelihnya . Adapun dalam Surah Al-An’am, 6:145, dan Surah An-Nahl, 16:115, sama dengan Albaqoroh ayat 173
Tidak ada pertentangan antara satu ayat dengan lainnya . Ini adalah bukti bahwa Alqur’an bukan buatan manusia, karena jika buatan manusia niscaya akan ada pertentangan antara satu ayat dengan ayat lainnya .
Artinya :”apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur’an ? jika sekiranya Al Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapati banyak pertentangan didalamnya” (An-Nisa, 4:82).
- Pada bangkai sudah jelas banyak mudharat didalamnya karena bangkai adalah media pertumbuhan kuman .
- Darah yang mengalir, orang yang suka minum/makan darah akan memiliki sifat buas
- Hewan yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah adalah hewan yang dipersembahkan untuk suatu kesyirikan, karena Islam sangat menentang kesyirikan, maka tentu ini menjadi haram .
Bagaimana dengan daging babi :
1. Babi adalah binatang jorok dan rakus
2. Daging babi mengandung banyak cacing berbahaya bagi kesehatan
3. Daging babi sulit dicerna
4. Daging babi mengandung kolesterol yang sangat tinggi
5. Babi menularkan banyak penyakit termasuk dari kuman yang bersembunyi didalam kulitnya dan hanya aktif dalam tubuh manusia
6. Terakhir, babi menularkan flu babi yang di Meksiko telah menyebabkan ratusan orang sakit dan 149 orang tewas dalam waktu kurang dari 1 bulan . Virus (virus H1N1) ini telah menjalar ke Indonesia juga dan ditularkan kepada mereka yang hidup disekitar peternakan babi . Virus ini lebih berbahaya karena penularannya lbh cepat dari flu burung dan dapat menular dari orang ke orang .
Keharaman babi telah membuktikan kepada kita antara lain bahwa babi menularkan penyakit-penyakit yang sangat berbahaya dan mengancam kehidupan manusia .
Beberapa waktu yang lalu ketenangan ummat Islam Indonesia terusik dengan adanya perusahaan makanan yang memproduksi dan menjual makanan mengandung babi tapi tidak menyatakan secara jelas dalam label makanannya . Mereka telah menipu ummat Islam dan kelihatnnya mereka tidak menerima hukuman yang menjerakan, oleh karena itu hendaknya kita berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan . Jangan mengkonsumsi makanan yang tidak jelas produsennya .

Tidak ada komentar: