Iklan

google.com, pub-9195817467890296, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Minggu, 25 Mei 2014

Tips bagi Guru yang Baru Terjun dalam Dunia Pendidikan

Tips bagi Guru yang Baru Terjun dalam Dunia Pendidikan


Pertama kali menjadi pendidik mungkin akan menjadi pengalaman yang sangat menengangkan. Kita dihadapkan pada anak didik yang memiliki bermacam sifat dan sikap yang harus kita pelajari dan pahami untuk mempermudah interaksi kita dengan mereka. Menjadi pendidik pertama kali mungkin menimbulkan rasa gugup yang berlebihan sehingga konsentrasi pertama kali mengajar dikelas terpecah dan tidak jarang sering melakukan kesalahan dalam mengajar.
Apakah guru baru wajar melakukan kesalahan ? Kesalahan mungkin saja dikarenakan  oleh rasa gugup yang didapatkan. Namun sebaiknya hal itu jangan dibiarkan terlalu berlarut larut serta secepatnya harus beradaptasi dengan keadaan. Sebagai pendidik tentunya kita tidak ingin terus menunjukkan kesalahan-kesalahan kita kepada anak didik kita sehingga kita di anggap tidak bagus dalam mendidik mereka.
Cara terbaik sebagai seorang guru  harusnya adalah menafikkan segala sesuatu yang membuat keragu-raguan atas kemampuan kita. Ketika kita sudah memilih menjadi seorang pendidik artinya kita sudah memiliki modal untuk yakin dan terjun dalam dunia pendidikan. Menumbuhkan sikap yakin dan percaya diri akan mampu membantu proses adaptasi untuk lebih cepat. Jangan sampai hambatan terjadi karena kita tidak yakin terhadap kemampuan kita sendiri.
Selanjutnya adalah sebaiknya seorang pendidik yang baru saja terjun dalam dunia pendidikan memerlukan mentor-mentor yang mampu memberikan nasehat positif. Jangan malu ketika dinasehati dan akui kesalahan yang kita lakukan sehingga mentor akan bersikap bersahabat dengan kita. Mentor bisa saja dari para pendidik yang lebih senior dari kita atau sahabat kita sendiri yang seangkatan dengan kita. Mentor sangat penting diperlukan khsusunya yang lebih senior karena mereka lebih banyak pengalaman dalam dunia pendidikan tentunya.
Tidak memperdulikan omongan -omongan negatif dari orang lain tentang cara mengajar kita yang akan membuat kepercayaan diri kita berkurang akan tetapi terus evaluasi cara mengajar kita supaya dapat membuat omongan-omongan negatif menghilang secara perlahan. Wajar ketika kita dikritik oleh orang lain namun kadang orang yang mengkritik hanya bisa mengkritik tanpa mau mengkomunikasikan kekurangan kita dan tidak memberikan solusi atas apa yang kita hadapi.
Poin -poin penting dalam pendidikan adalah terus belajar meskipun kita adalah seorang guru untuk meningkatkan kemampuan kita. Kadang kita merasa puas dengan atas apa yang kita miliki sehingga berhenti melakukan pembelajaran atas diri kita sendiri. Guru yang baik adalah yang mampu memberikan kemampuan terbaiknya untuk pekerjaannya karena mendidik adalah bagian dari cara guru membangun sebuah peradaban bangsa yang terdidik.

Tidak ada komentar: