Iklan

google.com, pub-9195817467890296, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Minggu, 19 Juni 2016

7 Amalan Utama Di Bulan Ramadhan

7 Amalan Utama Di Bulan Ramadhan



Assalamualaikum Warah Matullah Wabarakatuh . . .
Sesungguhnya berpuasa tidak hanya sebatas meninggalkan makan, minum, dan hubungan suami istri, tapi juga mengisi hari-hari dan malamnya dengan amal shalih.

Amal Tersebut Adalah:

1. Puasa

“Siapa berpuasa Ramadhan imanan wa ihtisaban (dengan keimanan dan mengharap Allah), diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bukan hanya Puasa Makan Dan Minum

Tetapi puasakan juga Pendengaran Dan Penglihatan Dan Seluruh Anggota Tubuh .

2. Shalat Tawarih

'Aisyah RA berkata,

“Jangan tinggalkan shalat malam, karena sesungguhnya Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkannya. Apabila beliau sakit atau melemah maka beliau shalat dengan duduk.” 
(HR. Abu Dawud dan Ahmad).

Jadikan Shalat Tarawih Sebagai Rutinitas 

3. Shadaqah

Sesungguhnya shadaqah di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan dan kelebihan, maka bersegeralah dan semangat dalam menunaikannya sesuai kemampuan.

Bentuk Shadaqah Di Bulan Ramadhan Antaranya :
Memberi makan Orang Miskin Atau Kurang Mampu dan Memberi hidangan Berbuka Bagi Orang Puasa.

4 Membaca Al Qur'An

“Bulan Ramadhan, bulan yang diturunkan di dalamnya Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil).
(QS. Al Baqarah : 185)

 Bukan hanya Sekedar Membaca (mengejar target khatam Al Qur’an)
Tapi diiringi Upaya Mempelajari Dan Memahami dengan sungguh-sungguh (tadabbur)

5. I' Tikaf

Dianjurkan i'tikaf di sepuluh hari terakhir adalah untuk mendapatkan Lailatul Qadar. Dengan beri'tikaf, kita berdzikir kepadaNya, memutus diri dari segala kesibukan yang bisa mengganggu darinya.

6. Lailatul Qadar

 "Dan siapa shalat pada Lailatul Qadar didasari iman dan mengharap pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

Lailatul Qadar berada di sepuluh hari terakhir Ramadhan, tepatnya pada malam-malam ganjilnya. Dan malam yang paling diharapkan adalah malam ke 27-nya, sebagaimana yang diriwayatkan Muslim.

Bagaimana Jika Mendapat Lailatul Qadar ?

Ucapkanlah :

"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, menyukai pemberian maaf maka ampunilah aku." (HR. Ahmad dan al-Tirmidzi, dishahihkan Al-Albani).

7. Umrah

Umrah + Ramadhan + Haji
"Umrah pada bulan Ramadhan menyerupai haji." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Sesungguhnya berpuasa tidak hanya sebatas meninggalkan makan, minum, dan hubungan suami istri, tapi juga mengisi hari-hari dan malamnya dengan amal shalih.

Dan siapa yang keluar dari Ramadhan tanpa diampuni dosa-dosa dan kesalahannya, maka ia termasuk orang merugi. Wallahu Ta'ala A'lam.

Tidak ada komentar: